DEMOCRATIC LEADERSHIP
STYLE
Table of Content
1.
Definition
2.
Characteristic
3.
Key Point
4.
Advantages
5.
Disadvantages
6.
When to use it
7.
Figures use this style
1.
Definition:
The democratic leadership style is
essentially a mode of leadership that is found in participative management and
human resources theory.
2.
Characteristic
of Democratic Leadership Style
¨ Making decisions as a
group.
¨ The leader delegates a
great deal of work, letting others have a say in what portion of the work they
on.
¨ The leader seeks continual
feedback and looks for opportunities for development for both himself and his
team.
¨ Creativity is encouraged
and rewarded.
3.
Key
Point
¨ Democratic leadership style is a popular style
because when it is done well, it creates a harmonious, productive, evolving
work force.
4.
Advantages of
Democratic Leadership Style
¨ This style results in
dedicated, loyal employees who are willing to work hard to deliver results and
to share the credit for getting those results.
¨ The work environment will
tend to be more positive and collaborative.
¨ Solution for complex
problems.
¨ Good business fit.
¨ Strong teams are built by
democratic leaders.
¨ Foster creative
environments.
5.
Disadvantages
of Democratic Leadership Style
¨ Time consuming.
¨ Can appear uncertain.
¨ Become apologetic.
¨ Requiring the leader
keeping control of the overall process.
6.
When to
use it
¨ Democratic style is useful
when it’s important that every members of the team contributes their own
creativity and knowledge to the process.
7.
Figures
use Democratic Leadership Style

after I read this blog I got to understand about leadership style from start 1.Definisi 2. Characteristics 3. Key Point 4. Advantages 5. Disadvantages 6. When to use it 7. Numbers use this style
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteTerima kasih bpk jdi kta bsa tau tentang democratic leadership style atau gaya kepemimpinaan demokrasi yang selalu mengkedepankan anggota ketimbang masalah pribadinya dan dari sekian banyak defenisi kita bisa tau dan bijak dalam pengambilan keputusan karena poin-poin di atas menerangkan bahwa seorang pemimpin haruslah demokratik dalam setiap memimpin bawahnya pada dasarnya semua akan berjalan dengan baik alau semua itu di kerjakan dengan cara bersama sama dan tidak ada kesenjangan sosial antara bawahan dan atasan smuanya harus bekerja mensuport satu dengan yang lainnya supaya apa yang di harapkan di awal bisa tercapai dengan maksimal dan baik dengan gaya pemimpin demokratis menerangkan poin-poinnya
ReplyDeleteTerimakasih...jadi seorang pemimpin itu harus bisa mempengaruhi setiap orang orang dilembaga perusahaan maupun pemerintahan...seorang pemimpin harus selalu mendorong suport kepada tim nya dan bawahan nya ,memberikan arahan yang baik,inovasi,kreatif dan menjadi sumber inspirasi untuk timnya dan bawahannya..agar setiap tim dan bawahannya memberikan kontribusi ,kreatifitas ,dan pengetahuan sendiri supaya untuk berkembang maju untuk mereka sendiri
ReplyDeleteSetelah saya membaca saya memahami bahwa seorang pemimpin itu lebih cocok menggunakan kepemimpinan demokrasi karena,, bisa membuat lingkungan kerja menjadi lebih positif dan kolaboratif, serta bisa memberikan kesempatan bagi anggota atau yg di pimpinnya untuk berkontribusi kreatifitas dan pengetahuan untuk memecahkan berbagai masalah yg ada dan untuk mempermudah mencapai tujuan yang ingin di capai,, jadi akan memudahkan seorang pemimpin jika menggunakan cara kepemimpinan demokrasi,..
ReplyDeleteDengan adanya kepemimpinan demokratif ini menjadikan setiap anggotanya memiliki peluang untuk menyuarakan pendapat dan gagasannya sehinga setiap anggota dapat lebih berkontribusi dan jg dengan kepemimpinan demokratif setiap anggota mendapatkan porsi tugas yg sama sehingga tidak menimbulkan perpecahan.
ReplyDeleteTri wahyono
ReplyDeleteSetelah saya pelajari dan mengerti bahwa;
Manajemen yang baik dan kepemimpinan yang buruk mereka akan dapat melaksanakan semuanya dengan baik, namun akan melakukannya tanpa arahan dan strategi keseluruhan yang konsisten. Dengan kepemimpinan yang baik dan manajemen yang buruk, sebuah perusahaan akan memiliki tujuan dan inspirasi untuk sukses...
Assalamualikum Wr. Wb.
ReplyDeletePerkenalkan nama saya redi riyadi angkatan 2016/2017.. sebelumnya saya mohon maaf kepada bapak saya jarang kuliah.. tapi pada kesempatan ini sya akan mengerjakan tugas yang bapak berikan..
seorang pemimpin itu lebih cocok menggunakan kepemimpinan demokrasi karena,, bisa membuat lingkungan kerja menjadi lebih positif dan kolaboratif, serta bisa memberikan kesempatan bagi anggota atau yg di pimpinnya untuk berkontribusi kreatifitas dan pengetahuan untuk memecahkan berbagai masalah yg ada dan untuk mempermudah mencapai tujuan yang ingin di capai,, jadi akan memudahkan seorang pemimpin jika menggunakan cara kepemimpinan demokrasi,..
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteGaya kepemimpinan demokratis,, selalu mengedepankan input dan ide dalam memecahkan masalah dan mengurai masalah, dan selalu menggunakan sumber daya manusia yang ada untuk berkontribusi dalam menjalankan kerja perusahaan, atau kelompok,,, gaya kepemimpinan dmokratis,, benar adanya agak lambat dalam mencapai tujuan perusahaan/organisasi , tapi lebih efektiff,,,
ReplyDeleteAsslamualikum wr. Wb
ReplyDeleteKinerja karyawan bisa diartikan sebagai sesuatu yang dicapai, prestasi yg diperlihatkan atau kemampuan kerja yg dilakukan oleh karyawan. Dalam meningkatkan kinerja karyawan diperlukan adanya dorongan, semangat atau motivasi yg timbul dari dalam diri, selain itu pula diperlukan kerjasama yang baik antara pemimpin/pimpinan dengan para karyawannya yang dimana merupakan hak yang palimg mendasar dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan gaya kepemimpinan yg sering digunakan dan cocok digunakan yaitu gaya demokrasi karna tidak memihak dan setiap permasalahan yangvtimbul diselesaikan secara mufakat, sehingga karyawan setia dan bersedia bekerja keras untuk memberikan hasil dan berbagai pujian untuk mendapatkan hasil tersebut
Setiap pemimpin punya cara tersendiri untuk memimpin bawahannya masing-masing, tapi gaya memimpin yang demokratis yang saat ini paling baik karena lebih mementingkan kelompok daripada individual, setiap mengambil keputusan selalu bermusyawarah antara pimpinan dan bawahannya. Jadi antara pimpinan dan bawahan tidak merasa canggung jika mengeluarkan pendapat, saling menghormati dan menghargai antara pimpinan dan bawahan sehingga tercipta suasana di lingkungan kerja yang harmonis dan nyaman.
ReplyDeleteGaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
ReplyDeleteTipe kepemimpinan demokratis merupakan tipe kepemimpinan yang mengacu pada hubungan. Di sini seorang pemimpin selalu mengadakan hubungan dengan yang dipimpinnya. Segala kebijaksanaan pemimpin akan merupakan hasil musyawarah atau akan merupakan kumpulan ide yang konstruktif. Pemimpin sering turun ke bawah guna mendapatkan informasi yang juga akan berguna untuk membuat kebijaksanaan-kebijaksanaan selanjutnya.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletePerusahaan dapat mengembangkan suatu strategi untuk mencapai perencanaan tersebut, tergantung pada manajer dalam memanfaatkan para karyawan untuk mencapai strategi yang dilakukan..
ReplyDeleteKinerja suatu organisasi tergantung pada kerja karyawan nya. Oleh karena itu karyawan harus mempunyai kemampuan bekerja dan kemampuan berorganisasi dengan baik, perusahaan juga harus memberikan tunjangan kesejahteraan kepada karyawan agar lebih bersemangat dalam menjalankan tugas-tugasnya di perusahaan..
Pemimpin bukan hanya sekedar gelar atau jabatan melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang (leadership from the inside out). Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing namun, gaya kepemimpinan demokratis lebih efektif diterapkan pada suatu organisasi atau lembaga karena pemimpin yang demokratis lebih mendahulukan kepentingan kelompok dari pada individu untuk mencapai tujuan bersama.selain itu, pemimpin yang demokratis juga pemimpin yang dinamis dan terbuka, dalam arti tidak membeda bedakan antara atasan dengan bawahan sehingga tidak adanya kesenjangan dalam berorganisasi serta mampu menerima keritik dan saran dari bawahannya sehingga anggota cenderung merasa terinspirasi dan berkonstribusi lebih baik serta meningkatkan produktifitas kerja.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteGaya kepemimpinan demokratis..
ReplyDeleteEmmmh... Selalu mengedepankan input dan ide dalam memecahkan masalah dan mengurai masalah, dan selalu menggunakan sumber daya manusia yang ada untuk berkontribusi dalam menjalankan kerja perusahaan, atau kelompok kepemimpinan dmokratis, benar adanya agak lambat dalam mencapai tujuan perusahaan/organisasi, tapi lebih efektiff. Terima kasih. :)
Bila dilihat dari karakteristik gaya kepemimpinan demokrasi melibatkan apartisipasi anggota atau Tim dalam pengambilan keputusan,namun mengingat partisipasi membutuhkan waktu, pendekatan ini bisa menyebabkan sesuatu terjadi lebih lambat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
ReplyDeleteRizki khaeroni A.
Saya selalu menemukan bahwa pembelian untuk melibatkan semua orang bisa menjadi aspek yang paling berharga! Gaya tradisional / otoriter bekerja lebih baik ketika anggota rata-rata tahu sangat sedikit dan para pemimpin memiliki semua pengetahuan. Seiring pengetahuan semakin tersebar luas, umpan dan dorongan. Saya selalu ingin menjadi yang terbaik di semua perusahaan, organisasi, tim & kelas yang saya jalani
ReplyDeleteAbdul Robin
Nama kelompok: Ayub, Yosep
ReplyDeleteMateri: planning
1.what (apa)
Apa yang dilakukan.artinya adalah kegiatan-kegiatan apa yang dibutuhkan,faktor-faktor produksi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tsb agar apa yang menjadi tujuan tercapai
2).where(dimana)
Dimana tempat lokasi usaha yang akan didirikan,berfokus 1 tempat, 2 tempat atau kah beberapa tempat karna pemilihan lokasi tanggung jawab seorang manajer
3).when(kapan)
kapan operasional usaha tersebut mulai dikerjakan dan sampai kapan berakhirnya.
4).who(siapa)
Siapa-siapa orangnya yang cocok dan pantas diajak bekerjasama dalam menjalankan tujuan yang diinginkan
5).why(mengapa)
6).How (bagaimana )
Bagaimana ini artinya menunjukan bagaimana cara,metode,teknik dan prosedur kerja yang akan dikerjakan agar sesuai tujuan yang tercapai.
Nama akruina diah lestari
ReplyDeleteNim 1722497498
Tugas problem 31 - 33
Pengertian Word Order
Word order berarti urutan kata di dalam suatu kalimat. Mayoritas kalimat bahasa Inggris tersusun dengan pola SVO (subject-verb-object).
SVO berati verb (kata kerja) muncul setelah subject dan direct object muncul setelah verb.
Contoh SVO:
Keterangan:
S = bold
V = italic
O = underline
No Contoh Kalimat
1 She baked Portuguese egg tarts.
(Dia memanggang Portuguese egg tarts.)
2 They found nothing.
(Mereka tak menemukan apapun.)
3 Dini and her family love cats.
(Dini dan keluarganya menyukai kucing.)
Egg Tarts
Jika indirect object (I) ditambahkan, pola kalimat yang mungkin adalah SVOI atau SVIO. Pada pola SVOI, antara direct object dan indirect object diselangi preposition “to” atau “for”.
Contoh Word Order:
Keterangan:
S = bold
V = italic
O = underline
I = green
Pola Contoh Kalimat Word Order
SVOI My old friend sent me a very long letter.
(Teman lama saya mengirimi saya sebuah surat yang sangat panjang.)
SVIO My old friend sent a very long letter to me.
(Teman lama saya mengirim sebuah surat yang sangat panjang untuk saya.)
Inverted Word Order
Inverted word order berarti verb muncul sebelum subject. Macam klausa atau kalimat yang mengalami inverted word order antara lain: conditional clause tanpa if; declarative sentence yang dimulai dengan negative atau restrictive word seperti: not only, hardly, barely, scarcely, never, rarely, dan no sooner; dan wh- question (pertanyaan yang diawali dengan wh- word: what, where, when, why, which, who, whom, whose, atau how) yang menanyakan object.
1. The agent is expressed when it is a proper name indicating an artist, an inventor, a discoverer, or an innovator.
a. The Mona Lisa was painted by Leonardo da Vinci.
b. The Americas were discovered by Christopher Columbus.
c. The first computer was built by Charles Babbage.
d. Rubber was first vulcanized by Charles Goodyear.
2. The agent is expressed when it is an indefinite noun phrase conveying new information that the speaker/writer thinks is important enough to mention.
a. These works of art were all produced by a woman.
b. The corner store was robbed by a masked gunman.
3. The agent is expressed when it is an unexpected inanimate noun.
a. Thirteen people were injured by a tornado in Florida.
b. All the lights in this building are controlled by computers.
With few exceptions, passive voice sentences can be recast in the active voice with the agent moved to the subject position with no essential change of meaning. Note these examples:
a. Someone stole my car.
b. The group has made a decision.
c. Farmers grow much tobacco in Eastern Europe.
d. The voters have elected a new president.
e. The populace speaks both French and English in Canada.
f. Leonardo da Vinci painted the Mona Lisa.
g. A woman produced these works of art.
h. A tornado injured Infinitive dapat disertai oleh object, modifier, atau object dan modifier sehingga menjadi infinitive phrase.
Contoh Infinitive (to+verb):
to run to be
to touch to talk
Penggunaan dan Contoh Kalimat Infinitive
Penggunaan Infinitive Contoh Kalimat Infinitive
Noun:
Subject To travel in this season is a bad idea.
(Bepergian musim ini merupakan ide yang buruk.)
To survive in the big city is my hope.
(Bertahan di kota besar adalah harapan saya.)
Noun:
Direct Object He wants to come tomorrow.
(Dia ingin datang besok.) direct object dari verb “want”
The children learned to write letters.
(Anak-anak belajar menulis surat.) direct object dari verb “learned”
Noun:
Subject Complement His dream is to win the tender.
(Impiannya menang tender tersebut.)
Noun:
Appositive His dream, to win the tender, has made him work harder.
(Impiannya, menang tender, telah membuatnya bekerja lebih keras.)
Adjective1 The best time to talk with him is at night.
(Waktu terbaik untuk berbicara dengannya adalah malam hari.) menerangkan noun “time”
It is the wrong way to ask a question.
(Itu cara yang salah untuk bertanya.)
menerangkan noun “way
Nama : Desiana Tri Suciyanti
ReplyDeleteNim : 1714499646
Problem with passives
Word order means the order of words in a sentence. The majority of English sentences are arranged with SVO (subject-verb-object) patterns. SVO means verb (verb) appears after subject and direct object appear after verb.
Infinitive is a verbal consisting of particle to and simple form of verb (bare infinitive) which can function as noun, adjective, or adverb. Verbal is a word formed from the verb, but serves as part of speechlain. Other verbs are gerund and participle. Like other verbs, it is more common to name action (action) or state (state).
2.jelaskan organisasi menurut teori Neo klasik?
ReplyDeleteJawab; sekelompok orang dengan tujuan bersama serta ingin mencapai hasil yg sama.
Thank.
Hamdan n nandi
Nama : Teddy Erlan Inzaki
ReplyDeleteNim : 1731399291
Purpose Infinitives
1. wear several layers of clothing to keep warm
2. david has studied hard to succeed
3. dont move you feet when you swing to play golf well
4. virginia always boils the water twice to make tea
5. wait until june to plant those bulbs
Passive word order
1. My wedding ring is made of yellow and white gold
2. If you brother were invited he would come
3. Mr Wilson is known as Willie to his friend
4. References are not used in the examination room
5. Laura was born in lowa
Passive Agent
1. The decisions on cases like this are made by Dean White
2. Most of us are sponsored by our parents
3. The car was inspected by customs
4. The bill has already been paid by Mr.Adams
5. State University is governed by the board of Regents
Passive-infinitives
1. The play was to be canceled, but it was only postponed
2. The finalist are to be named at the next meeting
3. The results of the exam are to be announced tomorrow
4. We were to be notified if there was a problem
5. The game is to be rescheduled
Jelaskan yang dimaksud organisasi menurut teori neoklasikeori neoklasik mengubah, menambah, dan dalam banyak hal memperluas teori klasik. Teori neokklasik menekankan aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun kelompok. Berbeda dengan teori klasik yang menekankan pada struktur, tata tertib, organisasi formal, faktor-faktor ekonomi dan rasionalitas tujuan atau dengan kata lain sebagai kelompok orang dengan tujuan bersama.
ReplyDeleteTerima kasih ����
Oleh : Agus S - Nandi
Mengapa Organisasi Informal..?
ReplyDeleteKarena Organisasi Informal Seharusnya di manfaatkan oleh manejeman menurut teori neoklasik karna memiliki keuntungan dapat menyebarkan informasi secara lebih cepat kepada seluruh anggota organisasi ,dan apabila di ajak kerjasama akan sangat membantu karna manajeman tidak perlu menghubungi satu persatu anggotanya cukup pemimpinya saja segala sesuatu akan berjalan dengan sendirinya
Democratic leadership Style menitik beratkan pada kemampuan untuk menciptakan moral & kemampuan untuk menciptakan kepercayaan sehingga seorang pemimpin dapat memberi wewenang secara luas pada bawahannya secara aktif untuk mencapai tujuan & penyelesaian atas masalah yang terjadi
ReplyDeletesilvia
Jelaskan organisasi menurut teori neoklasik!
ReplyDeleteorganisasi merupakan suatu sistem terbuka dimana segmen-segmen teknis & manusia saling berkaitan erat,titik tekanan berada pada elemen pokok yaitu perilaku individu & kelompok kerja...
1. Berdasarkan teori organisasi menurut max waber hanry payor dan taylor
ReplyDeleteJawaban
1. Teori birokrasi weber didasarkan pada konsep program rasional, sistem dan prosedur serta hubungan formal tidak " formal " .
Teori administrasi didasarkan pada disiplin, kesatuan perintah, kesatuan pengarahan, kepentingan umum, balas jasa, sentralisasi, inisiatif dan semangat korp.
Manajemen ilmiah berdasarkan kaidah dasar manajemen, yaitu penggunaan metode ilmiah; seleksi, latihan, dan pengembangan karyawan secara ilmiah dan diintegrasi Serta pendekatan karyawan oleh manajer.
Oleh : Nurul Aida dan Ade
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMengapa organisasi informal..?
ReplyDeleteJawab :
Menurut teori neoklasik organisasi informal seharusnya dimanfaatkan oleh manajemen, karena memiliki keuntungan yaitu dapat menyebarkan Informasi Lebih cepat kepada seluruh anggota organisasi, Jadi manajemen tidak perlu lagi menghubungi satu persatu anggotanya tapi cukup dengan menghubungi pemimpinnya saja,dan segalanya akan berjalan dengan sendirinya..
Oleh ~ Rizki Khaeroni Al azmi & Nandi
Soal No. 3
ReplyDeleteMengapa organisasi informal?
Jawab :
Seyogyanya dimanfaatkan oleh manajemen menurut teori neoklasik karena dapat menyebarkan informasi secara lebih cepat bila diajak kerjasama akan sangat membantu karena manajemen tak perlu menghubungi satu persatu anggotanya, cukup pemimpinnya saja segala sesuatu akan berjalan dengan sendirinya.
Oleh : Asri Asmarani & Nandi