BIDANG KURIKULUM

Drs. Iwan Suhara, M.M.
Bidang Kurikulum periode 2010-2013
INFORMASI KEGIATAN MTsN 1 TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2020/2021

#Tgl 14,16,17 Juli 2020 Pelaksanaan Sosialisasi Pembelajaran dari Rumah untuk Peserta didik Kelas VII adapun kelas VIII dan IX tetap Belajar di Rumah sambil menunggu informasi selanjutnya.
# TGL 15 Juli 2020 Pelaksanaan Sertijab Kepala Madrasah.
(Penentuan Pembelajaran Online atau Offline menunggu surat edaran dari Kepala Madrasah berdasarkan Regulasi dari Bupati Kabupaten Tangerang maksimal tanggal 17 Juli 2020)

Ikhlas, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 1999-2007
Dra. Hj. Marhumah
Bidang Kurikulum periode 2008-2010



Drs. Ependi, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 2013-2014



Guntur Gunawan, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 2014-2016


Aminuddin, M.PdI
Bidang Kurikulum periode 2016-Sekarang



DAFTAR PENULIS SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NO  NAMA GURU MATA PELAJARAN KELAS  JUMLAH SOAL  PG  URAIAN 
1 Dra. Hj. Marhumah Bahasa Indonesia 9 25 20 5
2 Sahada, S.Pd Bahasa Indonesia 7 25 20 5
3 M. Ichwan Nurzaman, S.Pd Bahasa Indonesia 8 25 20 5
4 Syaiful Hilmi, S.Pd Matematika 8 25 20 5
5 Hj. Peny Yudawati, S.Pd Matematika 9 25 20 5
6 Yoyoh Muhabaroh, S.Pd Matematika 7 25 20 5
7 Hj. Siti Nurhayati, S.Si IPA 9 25 20 5
8 Wiwi Wahidah, S.Pd IPA 7 25 20 5
9 Effi Kusmiyanti, S.Pd IPA 8 25 20 5
10 Dra. Sukarsih IPS 9 25 20 5
11 Tien Suhartini, S.Pd IPS 8 25 20 5
12 Drs. Ependi IPS 7 25 20 5
13 Mila Rohmanurhayati, S.Pd Bahasa Inggris 9 25 20 5
14 Ulpatmi Bahiyah, S.Pd.I Bahasa Inggris 8 25 20 5
15 Intan Nirmala, S.Pd Bahasa Inggris 7 25 20 5
16 Neneng Uliyah, S.Pd PKn 9 25 20 5
17 Neneng Hasanah, S.Pd  PKn 8 25 20 5
18 Nila Nailul Hidayah, S.Pd PKn 7 25 20 5
19 Ahmad Jaelani, M.Pd Penjaskes 8 dan 9 25 20 5
20 Ahmad Faruhi, S.Pd Penjaskes 7 25 20 5
21 Syafei, S.Ag, M.Si SBY 8 25 20 5
22 Komariah, S.Pd SBY 9 25 20 5
23 Hujaji, S.Pd SBY 7 25 20 5
24 Ade Linda, S.Pd.I Prakarya 8 25 20 5
25 Asep Irwansyah, S.E, M.Pd Prakarya 9 25 20 5
26 Syafei, S.Ag, M.Si Prakarya 7 25 20 5
27 Ahmad Zainul Solihin, S.Ag Bahasa Arab 9 25 20 5
28 Abdul Matin, S.Ag Bahasa Arab 8 25 20 5
29 Toyib, S.Ag Bahasa Arab 7 25 20 5
30 Nurhasanah, S.Ag Al Quran Hadits 7 25 20 5
31 H. Busthomik AD, S.Ag Al Quran Hadits 9 25 20 5
32 Heri Fahyumi, S.Ag, M.Pd Al Quran Hadits 8 25 20 5
33 Dra. Hj. Sulhiyah Fikih 9 25 20 5
34 Tajudin, S.Ag Fikih 7 25 20 5
35 Mohamad Zuhdi, S.Ag Fikih 8 25 20 5
36 Marlinah, S.Ag SKI 7 25 20 5
37 Syafei, S.Ag, M.Si SKI 9 25 20 5
38 Tajudin, S.Ag SKI 8 25 20 5
39 Siti Faodilah, S.Ag Akidah Akhlak 8 25 20 5
40 H. Busthomik AD, S.Ag Aqidah Akhlaq 7 25 20 5
41 Nurhasanah, S.Ag Aqidah Akhlaq 9 25 20 5

DAFTAR NAMA PENGAWAS PTS GANJIL 
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KODE GURU  NAMA GURU NIP
1 Dra. Hj. Ai Muflihah 196507301997032001
2 Dra. Hj. Marhumah 196710221998032001
3 Syaiful Hilmi, S.Pd 196308061989031002
4 Dra. Hj. Sulhiyah 196509031994032002
5 Hj. Peny Yudawati, S.Pd 196908241999032001
6 Syafei, S.Ag, M.Si 197108131997031003
7 Milatusyamsi, S.Pd 197207092003121001
8 Sahada, S.Pd 197203152005011009
9 Hj. Siti Nurhayati, S.Si 197509292005012004
10 Yoyoh Muhabaroh, S.Pd 197603142005012006
11 Komariah, S.Pd 197605082005012007
12 Dra. Sukarsih 196708312005012003
13 M. Ichwan Nurzaman, S.Pd 197905122005011003
14 Nurhasanah, S.Ag 197301212005012001
15 Ahmad Jaelani, M.Pd 197605152005011003
16 Tien Suhartini, S.Pd 197302102005012002
17 H. Busthomik AD, S.Ag 196607182006041001
18 Drs. Ependi 196610152007011034
19 Siti Faodilah, S.Ag 197509212007012018
20 Ahmad Zainul Solihin, S.Ag 197505262007011018
21 Marlinah, S.Ag 197904132007102003
22 Tajudin, S.Ag 197711062007101003
23 Dedi Herawadi, S.Pd, M.M 197812122007101001
24 Ahmad Farukhi, S.Pd 197612082007101001
25 Neneng Uliyah, S.Pd 198008052007102003
26 Wiwi Wahidah, S.Pd 198006112006042021
27 Heri Fahyumi, S.Ag, M.Pd 197305062007101003
28 Abdul Matin, S.Ag 197111032011011001
29 Ade Linda, S.Pd.I 197603112014112003
30 Sopiyah, S.Pd.I 197608062014122002
31 Tri Suci Yuliyanti, S.Ag 197707252007012020
32 Didi Muhtadi, S.Pd. M.Si
33 Toyib, S.Ag M.Pd.I -
34 Effi Kusmiyanti, S.Pd -
35 Muhamad Zuhdi, S.Ag -
36 Asep Irwansyah, S.E, M.Pd -
37 Mila Rohmanurhayati, S.Pd -
38 Hujaji, S.Pd -
39 Ulpatmi Bahiyah, S.Pd.I -
40 Intan Nirmala, S.Pd -
41 Nila Nailul Hidayah, S.Pd -
42 Neneng Hasanah, S.Pd -

KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
MADRASAH TSANAWIYAN NEGERI 1 TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NO MATA PELAJARAN KELAS  KET. 
VII VIII IX
KKM KKM KKM
1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
a. Al Quran Hadis 70 75 75
b. Akidah Akhlak 70 75 75
c. Fikih 70 75 75
d. Sejarah Kebudayaan Islam 70 75 75
2 Pendidikan Kewarganegaraan 70 75 75
3 Bahasa Indonesia 70 75 75
4 Bahasa Arab 70 75 75
5 Bahasa Inggris 70 75 75
6 Matematika 70 75 75
7 Ilmu Pengetahuan Alam 70 75 75
8 Ilmu Pengetahuan Sosial 70 75 75
9 Seni Budaya 70 75 75
10 Penjasorkes 70 75 75
11 Prakarya 70 75 75
12 Muatan Lokal
a. Tahfidzul Qur'an B B B
b. BK/TIK B B B

JADWAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL 
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HARI WAKTU JAM KE- MATA PELAJARAN 
SENIN, 9 Okt  06.45 - 07.40 0
07.40 - 09.00 1 Pkn
09.00 - 10.20 2 Prakarya 
10.20 - 10.40
10.40 - 12.00 3 Bahasa Indonesia
SELASA, 10  Okt 06.45 - 07.40 0
07.40 - 09.00 1 Matematika
09.00 - 10.20 2 Penjas
10.20 - 10.40
10.40 - 12.00 3 IPS
RABU, 11 Okt 06.45 - 07.40 0
07.40 - 09.00 1 IPA
09.00 - 10.20 2 Aqidah Akhlaq
10.20 - 10.40
10.40 - 12.00 3 Bahasa Inggris
KAMIS, 12 Okt 06.45 - 07.40 0
07.40 - 09.00 1 Bahasa Arab
09.00 - 10.20 2 Seni Budaya
10.20 - 10.40
10.40 - 12.00 3 SKI
JUMAT, 13 Okt 06.45 - 07.40 0
07.40 - 09.00 1 Qur'an Hadits
09.00 - 09.20
09.20 - 10.40 2 Fiqih


PROGRAM KERJA KURIKULUM

MTs. NEGERI 1 KAB. TANGERANG

TAHUN PELAJARAN 2017/2018



BAB I

PENDAHULUHAN



I.      Latar Belakang

Standar Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional ( dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan & standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan oleh bidang kurikulum adalah membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi kelulusan.

Dalam rangka membantu peserta didik mencapai standar isi dan standar kompetensi lulusan, pelaksanaan atau proses pembelajaran perlu diusahakan agar inspiratif, menyenangkan , menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik agar kreatif dan mandiri sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.

Untuk pencapaian standar isi dan standar kompetensi kelulusan tersebut, bidang kurikulum membuat program kerja kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan tentang kurikulum yang ada di  MTs. Negeri 1 Tangerang. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di atas. Selain itu, juga untuk membantu wakil bidang kurikulum dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.



II. Pengertian Kurikulum

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu program kurikulum disusun oleh wakil bidang kurikulum MTs. Negeri 1 Tangerang untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di  MTs. Negeri 1 Tangerang.



III. Dasar

Dasar dilaksanakan Program kerja Kurikulum dan Pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.    Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

3.    Peraturan Pemerintah RI  Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

4.        Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.

5.        Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

6.        Permendiknas nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk  Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

7.        Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi  Untuk Satuan  Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 23 Tahun 2006  Tentang  Standar  Kompetensi Lulusan Untuk Satuan  Pendidikan Dasar dan Menengah

8.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

9.    Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor  2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

10.    Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan.

11.    Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru  dan Pengawas Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan Depdiknas tahun 2009.

12.    Panduan KTSP dari BSNP



IV. Tujuan

       Program Kerja Kurikulum MTs. Negeri 1 Tangerang ini disusun dengan tujuan agar :

1.    Sekolah   memiliki pedoman yang standar tentang arah kebijakan dan pengembangan kurikulun

2.    Sekolah memiliki tolok ukur keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam mengelolah sekolah selama satu tahun pelajaran

3.    Memiliki acuan  legalitas dalam meningkatkan kualitas akademis maupun non akademis di sekolah.

4.    Proses pembelajaran   disekolah dapat dilaksnakan dengan baik sesuai dengan tuntutan dan tuntunan kurikulum yang berlaku.

5.    Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum KTSP

V. Visi dan Misi Sekolah

a.    VISI

“BERPRESTASI  DAN BERWAWASAN MAJU BERLANDASKAN  IMAN DAN TAQWA ”

Indikator Visi

              Akademik:

1.    Tercapainya kedisiplinan pendidik dalam PBM

2.    Terbentuknya karakter  siswa yang berbudaya belajar

3.    Tercapainya pembelajaran yang efektif

4.        Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

5.    Peningkatan kecerdasan dan prestasi peserta didik

              Non Akademik:

1.        Berprestasi dibidang karya ilmiyah remaja

2.    Berprestasi dibidang seni ( tradisional, modern dan religius )

3.    Berprestasi dibidang olah raga permainan dan Atletik

4.    Berprestasi dibidang bahasa dan budaya

5.    Berprestasi dibidang Iptek

              Kultur Sekolah:

1.        Memiliki karakteristik dalam kegiatan religius dan ketaqwaan terhadap Tuhan 

       Yang Maha Esa

2.    Memiliki Jiwa kebersamaan dan kepedulian sosial

3.    Adanya keseimbangan antara Disiplin, Minat,  dan Budaya Belajar

4.    Lingkungan belajar yang kondusif

5.    Layanan administrasi pendidikan yang efektif dan efisien

6.    Kepercayaan dari masyarakat dan stakeholder

           

b.    MISI

Akademik: Meningkatkan minat belajar siswa untuk menumbuhkan budaya belajar guna mendukung peningkatan prestasi;

Non Akademik: Memantapkan kegiatan ekstra kurikuler untuk menggali potensi siswa dibidang Iptek, Imtaq, Seni Budaya dan Olah Raga;

Kultur Sekolah: Meningkatkan disiplin dan budi pekerti melalui kegiatan religius dan budaya tertib.

     

     Indikator Misi:

Akademik:

1.      Tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional

2.      Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai

3.      Terlaksananya Proses belajar mengajar yang berkualitas

4.      Terlaksananya menejemen berbasis sekolah

Non Akademik:

1.    Tersalurkannya Potensi, Bakat dan Minat Siswa secara Optimal.

2.    Berprestasi dalam bidang pengetahuan umum, agama, seni budaya, dan olah raga

2.    Terlaksanaya berbagai program tehnologi tepat guna bekekerja sama dengan masyrakat sekitar

Kultur Sekolah:

1.      Terciptanya lingkungan yang tertib, Disiplin, Bersih dan Nyaman yang bernuansa Islami

2.      Siswa dapat berinteraksi antar sesama dengan baik

3.      Tidak terjadinya tindak kriminal oleh siswa

4.      Terlaksananya praktek Ibadah dimadrasah dan masyarakat seperti sholat, puasa dan ibadah lain.



VI. Tujuan / Sasaran

1.    Terlaksananya Pengembangan Kurikulum KTSP untuk setiap mata pelajaran

2.    Terlaksananya  model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran

3.    Terlaksanaya pencapaian standar ketuntasan belajar siswa kelas 7, 8 dan kelulusan kelas 9 

4.    Terlaksanaya pencapaian  standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan bidangnya

5.    Terlaksananya   sistem    penilaian yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP)






BAB II

RINCIAN KEGIATAN PROGRAM KURIKULUM



I. Rencana Program  Kegiatan

Tabel rencana kegiatan wakil kepala madrasah bidang kurikulum:

No
Rencana Kegiatan
Pelaksanaan
1
PERSIAPAN
1. Menjabarkan kalender pendidikan
2 Mengatur pembagian tugas guru
3. Membuat jadwal pengajaran
4 Mengatur jadwal piket guru
5. Merumuskan nama Wali Kelas
6. Menyusun Program Kurikulum
7. Menyiapkan Administrasi guru
8. Mengatur Jadwal Supervisi

9 Juli 2017
9 Juli 2017
9 Juli 2017
9 Juli 2017
15 Juli 2017
18 Juli 2017
20 Juli 2017
30 Juli 2017
2
PELAKSANAAN
1. Memantau jalannya PBM
2. Memantau jalannya Piket

Juli 2017- Juni 2018
Juli 2017- Juni 2018
3
KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN
1. Memantau pelaksanaan Ulangan Harian
2. Membentuk Panitia Ujian Semester 1 dan 2
3. Memantau pelaksanaan Ujian Semester 1 dan 2
4. Melaporkan pelaksanaan ujian semester
5. Mengadakan Try Out Untuk kelas IX
5. Membentuk panitia UN dan UAMBN
6. Membuat POS Madrasah UN dan UAMBN
7. Melaporkan pelaksanaan UN dan UAMBN

Oktober 2017
November 2017
Desember 2017 dan Juni 2018
Januari 2018 dan Juli 2018
Februari 2018
Februari 2018
Maret 2018
Mei 2018
4
KEGIATAN PELAJARAN TAMBAHAN KELAS IX
1. Mengevaluasi program pembelajaran tahun lalu
2. Menyusun jadwal pelajaran tambahan
3. Gerakan Sukses Ujian Nasional 2018


Juni 2018
Desemmber 2017
Februari 2018

5

MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN
1. Kegiatan Ujian Semester 1 dan 2
2. Kegiatan UN dan UAMBN


Desember  2017 dan Juni 2018
Mei 2018
6
EVALUASI KEGIATAN
1. Semester 1
2 Semester 2
3 UN dan UAMBN
4. Pelajaran Tambahan

Januari 2018
Juli 2018
Juli 2018
Juli 2018



II. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran di  MTs. Negeri 1 Tangerangadalah sebagai berikut :

1.      Pencapaian kelulusan siswa lebih dari 90 %

2.      60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model

3.      Siswa mampu menghafal Al Qur an lebih dari 5 surat

4.      Tingkat kehadiran siswa, guru, dan karyawan lebih dari 95%

5.      Menerapkan pembelajaran yang PAIKEM (Pembeljaran Aktif, Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)

6.      Menerapkan pelaksanaan evaluasi secara konsisten dan berkesinambungan, serta adanya program perbaikan dan pengayaan.

7.      Mengoptimalkan Pembelajaran Pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler

II. Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran di  MTs. Negeri 1 Tangerangadalah sebagai berikut:

·         Siswa lulus 100% pada Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.

·         60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model.

·         Siswa siap dan mampu menjuarai Kompetensi Sain Madrasah (Olimpiade ) baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun tingkat Nasional.

·          Memiliki Grup Rabana yang siap tampil di setiap kegiatan sekolah dan acara kecamatan

·         Memiliki Tim Olah Raga yang mampu tampil di perlombaan PERSAMI kabupaten.

·         Memiliki Grup Dram Band yang siap tampil di acara-acarasekolah dan kecamatan.


BAB III

STRUKTUR KURIKULUM

MTs. Negeri 1 Tangerang



Struktur kurikulum berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalamannya akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan.
Pada program pendidikan di  MTs. Negeri 1 Tangerang jumlah jam mata pelajaran adalah 48 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.

Jenis program pendidikan di  MTs. Negeri 1 Tangerang, terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan yang meliputi mata pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan lokal. Mata Pelajaran yang wajib diikuti pada program  MTs. Negeri 1 Tangerang berjumlah 14. Sementara itu keberadaan muatan lokal ditentukan oleh kebijakan sekolah. Di  MTs. Negeri 1 Tangerangmuatan lokal yang diajarkan adalah Bahasa Jawa dan Aswaja.

Pengatuaran beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan dimungkinkan menambah jam pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi. Dengan adanya tambahan waktu, satuan pendidikan diperkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya MTs selain mata pelajaran umum (seperti yang diajarkan di SMP) juga menambahkan mata pelajaran lain yaitu Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, dan Bahasa Arab. Struktur kurikulum  MTs. Negeri 1 Tangerangmemuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini :




·         Kelompok Mata Pelajaran Estetika / Seni Budaya dan Ketrampilan


1. Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama

2. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MTs dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

4. Kelompok Mata Pelajaran Estetika / Seni Budaya dan Ketrampilan

Kelompok mata pelajaran estetika /SBK  dimaksudkan untuk meningkatkan sen-sitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan meng-apresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5. Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MTs dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

 6. Mata Pelajaran

Tabel : Struktur Kurikulum  MTs. Negeri 1 Tangerang

KOMPONEN
KELAS DAN
ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A.  MATA PELAJARAN
1.  Pendidikan Agama Islam
a.   Qur’an Hadits
b.   Aqidah Akhlaq
c.    Fiqih
d.    Sejarah Kebudayaan Islam
2.   Pendidikan Kewarganegaraan
3.   Bahasa Indonesia
4.   Bahasa Arab
5.   Bahasa Inggris
6.   Matematika
7.   Ilmu Pengetahuan Alam
8.   Ilmu Pengetahuan Sosial
9.   Seni Budaya
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
11. Tehnologi Informasi dan Komunikasi


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2
B.  MUATAN LOKAL
      Bahasa Jawa
      Aswaja

2
2

2
2

2
2
C.  PENGEMBANGAN DIRI *)
1.   Pramuka
2.   Aplikasi Agama
3.   Sepak Bola
4.   Drum Band
5.   Bulu Tangkis
6.  PMR ( Palang Merah Remaja)
7.  Komputer
JUMLAH
45
45
45

Selain itu, perlu juga ditegaskan, bahwa :

·         Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit

·         Khusus untuk Pengembangan Diri diadakan setiap hari Sabtu Sore

Selain program intra kurikuler seperti yang tertera dalam tabel di atas, terdapat pula kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Diri.
Waktu belajar di  MTs. Negeri 1 Tangerang pada hari Senin sampai dengan Kamis terdiri dari 8 JP mulai pelajaran pukul 07.30-13.00 WIB, kecuali pada hari Jum’at, Khusus pada hari Jum’at terdiri dari 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai dengan 11.20. WIB.

7. Muatan Lokal

Muatan lokal yang dikembangkan di MTs. Negeri 1 Tangerang adalah untuk mengembangkan potensi daerah sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah, serta mengembangkan potensi sekolah/madrasah sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif. Muatan lokal lokal ini disajikan dalam bentuk mata pelajaran yang harus ditempuh oleh setiap peserta didik dan harus mencapai/lulus SKL-MP, SK-KD Mata pelajaran dalam mengembangkan program keterampilan bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing, keterampilan dalam bidang Teknologi Informasi, atau bentuk keterampilan tepat guna .

Program muatan lokal yang dikembangkan di MTs. Negeri 1 Tangerang  yaitu Bahasa Jawa berdasarkan:

1.       Kondisi letak geografis MTs. Negeri 1 Tangerang yang berada di kawasan pedesaan  akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran  di kelas. Oleh karena itu, program Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi pedesaan yang subur di lingkungan sekitar Madrasah.

2.       Pemberaian dasar dan pelestarian bahasa daerah (bahasa jawa) dalam upaya  mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa masyarakat setempat dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra.

3.       MTs. Negeri 1 Tangerang memiliki SDM yang cukup memilki kesiapan untuk membina mata pelajaran yang dikembangkan, Muatan lokal disajikan dalam bentuk mata pelajaran, sehingga memiliki kompetensi mata pelajaran, standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Mata pelajaran muatan lokal bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten  Tangerang serta pembangunan nasional. Lebih jelasnya agar peserta didik dapat:

1.    Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya setempat.

2.    Memiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai keunggulan Kabupaten  Tangerang. yang berguna bagi dirinya maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,

3.    Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku di Kabupaten  Tangerang, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Adapun mata pelajaran muatan lokal yang di kembangkan di MTs. Negeri 1 Tangerang adalah Bahasa Jawa dan Aswaja.

Pelaksanaan muatan lokal bahasa jawa merupakan bagian dari struktur kurikulum di MTs. Negeri 1 Tangerang. Muatan lokal ini diberikan mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran setiap minggunya.



8. Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan karya ilmiah remaja ( KIR ), dan lain-lain.

Pengembangan Diri di  MTs. Negeri 1 Tangerangmeliputi program berikut:

1.      Olahraga Prestasi

2.      UKS

3.      Nasyid dan Rabana

4.      Keterampilan Berbahasa Inggris

5.      Baca Al Quran




BAB IV

JOB DESCRIPTION (TUPOKSI)

1. Refrensi

o   Surat keputusan Kemenag

o   Surat tugas Kepala Madrasah



2. Kedudukan

o   Waka Kurikulum adalah unit kerja setingkat wakil kepala madrasah yang berada dibawah kepala madrasah.



 3. Tugas Pokok dan Fungsi

3.1. Waka kurikulum berfungsi sebagai penyusun dan perencana Pembelajaran

Mempunyai tugas Membantu kepala madrasah dalam kegiatan sebagai berikut      :

a.       Perumusan struktur program pembelajaran

b.      Pembuatan kalender pendidikan

c.       Menyusun pembagian tugas guru

d.      Menyususn jadwal pelajaran

e.       Menyusun jadwal evaluasi belajar

f.        Menyususn pelaksanaan  UTS,UAS,UN.UAMBN dan UAM

g.       Menyusun kriteria dan persyaratan naik,tidak naik,tamat dan tidak tamat

h.      Menyususn jadwal penerimaan raport dan penerimaan STTB

i.        Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pelajaran (silabus,RPP,promes ,prota, analisis dll)

j.        Pelaksana Musyawarah guru mapel /MGMP

k.      Mengumpulkan data pelaporan pencapaian target program

l.        Menganalisa data untuk perbaikan pelaksanaan program.

m.    Melaporkan data dan hasil analisa secara periodik kepada Kepala madrasah

    3.2. Waka Kurikulum Sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB)

Mempunyai tugas Membantu kepala madrasah dalam kegiatan sebagai berikut     .

a.       Melaksanakan analisis karakteristik media, bahan dan peralatan yang diperlukan

b.      Membuat media pengajaran

c.       Melaksanakan pengontrolan, pengaturan, pembersihan dan renovasi media pembelajaran.

d.      Melakukan pencatatan, pendataan dan inventarisasi media pembelajaran.

e.       Membuat laporan , meliputi :

1. laporan penggunaan dana pembelian media pemebelajaran

2. Inventarisasi barang dan media

3. Pemesanan dan produksi media.

3.3.            Waka Kurikulum sebagai Wakil Kepala madrasah Bidang Kurikulum mempunyai tugas dalam kegiatan  :

a.       Mewakili  rapat-rapat dinas  Kepala madrasah sesuai dengan bidang dan wilayah kerjanya

b.      Mewakili tugas tugas  lain atas perintah atasan/Kepala Madrasah







4. Organisasi

Dalam melaksanakan tugasnya waka kurikulum dibantu oleh Guru mata pelajaran, dan semua Dewan Guru.



5. Tanggungjawab

Dalam melaksanakan tugasnya waka Kurikulum bertanggungjawab langsung kepada kepala madrasah.





6. Sistem Mekanisme kerja  1

a.         Pengangkatan waka kurikulum atas masukan guru, karyawan dan orangtua dilingkungan Madrasah yang kemudian ditetapkan oleh kepala madrasah.

b.        Waka kurikulum wajib hadir dalam rapat koordinasi pengelola madrasah dan tidak bisa diwakilkan tanpa persetujuan kepala madrasah terlebih dahulu.

c.         Waka kurikulum sekurang-kurangnya melakukan rapat koordinasi dengan anggota 1 bulan  sekali.

d.        Koordinasi mengacu pada program yang telah ditetapkan dan dapat dilakukan sewaktu-waktu jika ada hal yang dianggap mendesak untuk diselesaikan.



8. Sistem Mekanisme kerja II

a.       Menerima pemesanan media pembelajaran berdasarkan permintaan guru.

b.      Menganalisa kesesuaian pemesanan media berdasarkan alat dan bahan yang diperlukan.

c.       Menyelesaikan pemesanan media yang telah dianalisa.

d.      Melakukan pencatatan media yang dipinjam.

e.       Membuat laporan secara periodic untuk ;

1 . Penggunaan dana tiap bulan,

2.   Inventarisasi alat, bahan dan media tiap semester

3.   Laporan rekap pemesanan dan produksi media

BAB  V

PENUTUP



1. KESIMPULAN

Penyusunan Program Kerja ini berdasarkan kebutuhan agar pelaksanaan penyelenggaraan kurikulum tahun pelajaran 2017/2018 di  MTs. Negeri 1 Tangerang berjalan dengan lancar.

2. SARAN-SARAN

Untuk mencapai hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik dan saran yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak, terutama kepala Madrasah dan Majelis Guru dan Pegawai  MTs. Negeri 1 Tangerang, Agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi.


No comments:

Post a Comment