![]() |
Drs. Iwan Suhara, M.M.
Bidang Kurikulum periode 2010-2013
|
INFORMASI KEGIATAN MTsN 1 TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
#Tgl 14,16,17 Juli 2020 Pelaksanaan Sosialisasi Pembelajaran dari Rumah untuk Peserta didik Kelas VII adapun kelas VIII dan IX tetap Belajar di Rumah sambil menunggu informasi selanjutnya.
# TGL 15 Juli 2020 Pelaksanaan Sertijab Kepala Madrasah.
(Penentuan Pembelajaran Online atau Offline menunggu surat edaran dari Kepala Madrasah berdasarkan Regulasi dari Bupati Kabupaten Tangerang maksimal tanggal 17 Juli 2020)
(Penentuan Pembelajaran Online atau Offline menunggu surat edaran dari Kepala Madrasah berdasarkan Regulasi dari Bupati Kabupaten Tangerang maksimal tanggal 17 Juli 2020)
![]() |
Ikhlas, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 1999-2007
|
![]() |
Dra. Hj. Marhumah
Bidang Kurikulum periode 2008-2010
|
![]() |
Drs. Ependi, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 2013-2014
|
![]() |
Guntur Gunawan, M.Pd.
Bidang Kurikulum periode 2014-2016
|
![]() |
Aminuddin, M.PdI
Bidang Kurikulum periode 2016-Sekarang
|
DAFTAR PENULIS SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL | ||||||
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANGERANG | ||||||
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | ||||||
NO | NAMA GURU | MATA PELAJARAN | KELAS | JUMLAH SOAL | PG | URAIAN |
1 | Dra. Hj. Marhumah | Bahasa Indonesia | 9 | 25 | 20 | 5 |
2 | Sahada, S.Pd | Bahasa Indonesia | 7 | 25 | 20 | 5 |
3 | M. Ichwan Nurzaman, S.Pd | Bahasa Indonesia | 8 | 25 | 20 | 5 |
4 | Syaiful Hilmi, S.Pd | Matematika | 8 | 25 | 20 | 5 |
5 | Hj. Peny Yudawati, S.Pd | Matematika | 9 | 25 | 20 | 5 |
6 | Yoyoh Muhabaroh, S.Pd | Matematika | 7 | 25 | 20 | 5 |
7 | Hj. Siti Nurhayati, S.Si | IPA | 9 | 25 | 20 | 5 |
8 | Wiwi Wahidah, S.Pd | IPA | 7 | 25 | 20 | 5 |
9 | Effi Kusmiyanti, S.Pd | IPA | 8 | 25 | 20 | 5 |
10 | Dra. Sukarsih | IPS | 9 | 25 | 20 | 5 |
11 | Tien Suhartini, S.Pd | IPS | 8 | 25 | 20 | 5 |
12 | Drs. Ependi | IPS | 7 | 25 | 20 | 5 |
13 | Mila Rohmanurhayati, S.Pd | Bahasa Inggris | 9 | 25 | 20 | 5 |
14 | Ulpatmi Bahiyah, S.Pd.I | Bahasa Inggris | 8 | 25 | 20 | 5 |
15 | Intan Nirmala, S.Pd | Bahasa Inggris | 7 | 25 | 20 | 5 |
16 | Neneng Uliyah, S.Pd | PKn | 9 | 25 | 20 | 5 |
17 | Neneng Hasanah, S.Pd | PKn | 8 | 25 | 20 | 5 |
18 | Nila Nailul Hidayah, S.Pd | PKn | 7 | 25 | 20 | 5 |
19 | Ahmad Jaelani, M.Pd | Penjaskes | 8 dan 9 | 25 | 20 | 5 |
20 | Ahmad Faruhi, S.Pd | Penjaskes | 7 | 25 | 20 | 5 |
21 | Syafei, S.Ag, M.Si | SBY | 8 | 25 | 20 | 5 |
22 | Komariah, S.Pd | SBY | 9 | 25 | 20 | 5 |
23 | Hujaji, S.Pd | SBY | 7 | 25 | 20 | 5 |
24 | Ade Linda, S.Pd.I | Prakarya | 8 | 25 | 20 | 5 |
25 | Asep Irwansyah, S.E, M.Pd | Prakarya | 9 | 25 | 20 | 5 |
26 | Syafei, S.Ag, M.Si | Prakarya | 7 | 25 | 20 | 5 |
27 | Ahmad Zainul Solihin, S.Ag | Bahasa Arab | 9 | 25 | 20 | 5 |
28 | Abdul Matin, S.Ag | Bahasa Arab | 8 | 25 | 20 | 5 |
29 | Toyib, S.Ag | Bahasa Arab | 7 | 25 | 20 | 5 |
30 | Nurhasanah, S.Ag | Al Quran Hadits | 7 | 25 | 20 | 5 |
31 | H. Busthomik AD, S.Ag | Al Quran Hadits | 9 | 25 | 20 | 5 |
32 | Heri Fahyumi, S.Ag, M.Pd | Al Quran Hadits | 8 | 25 | 20 | 5 |
33 | Dra. Hj. Sulhiyah | Fikih | 9 | 25 | 20 | 5 |
34 | Tajudin, S.Ag | Fikih | 7 | 25 | 20 | 5 |
35 | Mohamad Zuhdi, S.Ag | Fikih | 8 | 25 | 20 | 5 |
36 | Marlinah, S.Ag | SKI | 7 | 25 | 20 | 5 |
37 | Syafei, S.Ag, M.Si | SKI | 9 | 25 | 20 | 5 |
38 | Tajudin, S.Ag | SKI | 8 | 25 | 20 | 5 |
39 | Siti Faodilah, S.Ag | Akidah Akhlak | 8 | 25 | 20 | 5 |
40 | H. Busthomik AD, S.Ag | Aqidah Akhlaq | 7 | 25 | 20 | 5 |
41 | Nurhasanah, S.Ag | Aqidah Akhlaq | 9 | 25 | 20 | 5 |
DAFTAR NAMA PENGAWAS PTS GANJIL | ||
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | ||
KODE GURU | NAMA GURU | NIP |
1 | Dra. Hj. Ai Muflihah | 196507301997032001 |
2 | Dra. Hj. Marhumah | 196710221998032001 |
3 | Syaiful Hilmi, S.Pd | 196308061989031002 |
4 | Dra. Hj. Sulhiyah | 196509031994032002 |
5 | Hj. Peny Yudawati, S.Pd | 196908241999032001 |
6 | Syafei, S.Ag, M.Si | 197108131997031003 |
7 | Milatusyamsi, S.Pd | 197207092003121001 |
8 | Sahada, S.Pd | 197203152005011009 |
9 | Hj. Siti Nurhayati, S.Si | 197509292005012004 |
10 | Yoyoh Muhabaroh, S.Pd | 197603142005012006 |
11 | Komariah, S.Pd | 197605082005012007 |
12 | Dra. Sukarsih | 196708312005012003 |
13 | M. Ichwan Nurzaman, S.Pd | 197905122005011003 |
14 | Nurhasanah, S.Ag | 197301212005012001 |
15 | Ahmad Jaelani, M.Pd | 197605152005011003 |
16 | Tien Suhartini, S.Pd | 197302102005012002 |
17 | H. Busthomik AD, S.Ag | 196607182006041001 |
18 | Drs. Ependi | 196610152007011034 |
19 | Siti Faodilah, S.Ag | 197509212007012018 |
20 | Ahmad Zainul Solihin, S.Ag | 197505262007011018 |
21 | Marlinah, S.Ag | 197904132007102003 |
22 | Tajudin, S.Ag | 197711062007101003 |
23 | Dedi Herawadi, S.Pd, M.M | 197812122007101001 |
24 | Ahmad Farukhi, S.Pd | 197612082007101001 |
25 | Neneng Uliyah, S.Pd | 198008052007102003 |
26 | Wiwi Wahidah, S.Pd | 198006112006042021 |
27 | Heri Fahyumi, S.Ag, M.Pd | 197305062007101003 |
28 | Abdul Matin, S.Ag | 197111032011011001 |
29 | Ade Linda, S.Pd.I | 197603112014112003 |
30 | Sopiyah, S.Pd.I | 197608062014122002 |
31 | Tri Suci Yuliyanti, S.Ag | 197707252007012020 |
32 | Didi Muhtadi, S.Pd. M.Si | |
33 | Toyib, S.Ag M.Pd.I | - |
34 | Effi Kusmiyanti, S.Pd | - |
35 | Muhamad Zuhdi, S.Ag | - |
36 | Asep Irwansyah, S.E, M.Pd | - |
37 | Mila Rohmanurhayati, S.Pd | - |
38 | Hujaji, S.Pd | - |
39 | Ulpatmi Bahiyah, S.Pd.I | - |
40 | Intan Nirmala, S.Pd | - |
41 | Nila Nailul Hidayah, S.Pd | - |
42 | Neneng Hasanah, S.Pd | - |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM) | |||||
MADRASAH TSANAWIYAN NEGERI 1 TANGERANG | |||||
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | |||||
NO | MATA PELAJARAN | KELAS | KET. | ||
VII | VIII | IX | |||
KKM | KKM | KKM | |||
1 | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | ||||
a. Al Quran Hadis | 70 | 75 | 75 | ||
b. Akidah Akhlak | 70 | 75 | 75 | ||
c. Fikih | 70 | 75 | 75 | ||
d. Sejarah Kebudayaan Islam | 70 | 75 | 75 | ||
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 70 | 75 | 75 | |
3 | Bahasa Indonesia | 70 | 75 | 75 | |
4 | Bahasa Arab | 70 | 75 | 75 | |
5 | Bahasa Inggris | 70 | 75 | 75 | |
6 | Matematika | 70 | 75 | 75 | |
7 | Ilmu Pengetahuan Alam | 70 | 75 | 75 | |
8 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 70 | 75 | 75 | |
9 | Seni Budaya | 70 | 75 | 75 | |
10 | Penjasorkes | 70 | 75 | 75 | |
11 | Prakarya | 70 | 75 | 75 | |
12 | Muatan Lokal | ||||
a. Tahfidzul Qur'an | B | B | B | ||
b. BK/TIK | B | B | B |
JADWAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL | |||
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TANGERANG | |||
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | |||
HARI | WAKTU | JAM KE- | MATA PELAJARAN |
SENIN, 9 Okt | 06.45 - 07.40 | 0 | |
07.40 - 09.00 | 1 | Pkn | |
09.00 - 10.20 | 2 | Prakarya | |
10.20 - 10.40 | |||
10.40 - 12.00 | 3 | Bahasa Indonesia | |
SELASA, 10 Okt | 06.45 - 07.40 | 0 | |
07.40 - 09.00 | 1 | Matematika | |
09.00 - 10.20 | 2 | Penjas | |
10.20 - 10.40 | |||
10.40 - 12.00 | 3 | IPS | |
RABU, 11 Okt | 06.45 - 07.40 | 0 | |
07.40 - 09.00 | 1 | IPA | |
09.00 - 10.20 | 2 | Aqidah Akhlaq | |
10.20 - 10.40 | |||
10.40 - 12.00 | 3 | Bahasa Inggris | |
KAMIS, 12 Okt | 06.45 - 07.40 | 0 | |
07.40 - 09.00 | 1 | Bahasa Arab | |
09.00 - 10.20 | 2 | Seni Budaya | |
10.20 - 10.40 | |||
10.40 - 12.00 | 3 | SKI | |
JUMAT, 13 Okt | 06.45 - 07.40 | 0 | |
07.40 - 09.00 | 1 | Qur'an Hadits | |
09.00 - 09.20 | |||
09.20 - 10.40 | 2 | Fiqih |
PROGRAM KERJA KURIKULUM
MTs. NEGERI 1 KAB. TANGERANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BAB I
PENDAHULUHAN
I. Latar Belakang
Standar
Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional ( dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peraturan pemerintah No.19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan & standar yang
harus dipenuhi dalam melaksanakan pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan
oleh bidang kurikulum adalah membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar
isi dan standar kompetensi kelulusan.
Dalam
rangka membantu peserta didik mencapai standar isi dan standar kompetensi
lulusan, pelaksanaan atau proses pembelajaran perlu diusahakan agar inspiratif,
menyenangkan , menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik agar kreatif dan
mandiri sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi
peserta didik.
Untuk
pencapaian standar isi dan standar kompetensi kelulusan tersebut, bidang
kurikulum membuat program kerja kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan
tentang kurikulum yang ada di MTs.
Negeri 1 Tangerang. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di atas.
Selain itu, juga untuk membantu wakil bidang kurikulum dalam melaksanakan
tugasnya di sekolah.
II.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,
isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan tertentu ini, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai
dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta
didik. Oleh sebab itu program kurikulum disusun oleh wakil bidang kurikulum
MTs. Negeri 1 Tangerang untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan
dengan kebutuhan dan potensi yang ada di
MTs. Negeri 1 Tangerang.
III. Dasar
Dasar
dilaksanakan Program kerja Kurikulum dan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan.
3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 74
tahun 2008 tentang Guru.
4.
Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan
Pendidikan.
5.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
6.
Permendiknas nomor 23 Tahun 2006
Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
7.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006
Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23
Tahun 2006 Tentang Standar
Kompetensi Lulusan Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah
8.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang
Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
9. Peraturan
Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2
Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama
Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
10. Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan
Pengawas Satuan Pendidikan.
11. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Dirjen Peningkatan Mutu
Pendidikan Depdiknas tahun 2009.
12. Panduan KTSP dari BSNP
IV. Tujuan
Program Kerja Kurikulum MTs. Negeri 1 Tangerang
ini disusun dengan tujuan agar :
1. Sekolah memiliki pedoman yang
standar tentang arah kebijakan dan pengembangan kurikulun
2. Sekolah memiliki tolok ukur keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam
mengelolah sekolah selama satu tahun pelajaran
3. Memiliki acuan legalitas dalam
meningkatkan kualitas akademis maupun non akademis di sekolah.
4. Proses pembelajaran disekolah
dapat dilaksnakan dengan baik sesuai dengan tuntutan dan tuntunan kurikulum
yang berlaku.
5.
Terlaksananya Pembelajaran sesuai
dengan tuntutan Kurikulum KTSP
V. Visi dan Misi Sekolah
a. VISI
“BERPRESTASI DAN BERWAWASAN MAJU
BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA ”
Indikator Visi
Akademik:
1.
Tercapainya kedisiplinan pendidik
dalam PBM
2.
Terbentuknya karakter siswa yang berbudaya belajar
3.
Tercapainya pembelajaran yang efektif
4.
Menghasilkan lulusan yang mampu
bersaing untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
5.
Peningkatan kecerdasan dan prestasi
peserta didik
Non Akademik:
1.
Berprestasi dibidang karya ilmiyah
remaja
2.
Berprestasi dibidang seni (
tradisional, modern dan religius )
3.
Berprestasi dibidang olah raga
permainan dan Atletik
4.
Berprestasi dibidang bahasa dan
budaya
5.
Berprestasi dibidang Iptek
Kultur Sekolah:
1.
Memiliki karakteristik dalam kegiatan
religius dan ketaqwaan terhadap Tuhan
Yang Maha Esa
2.
Memiliki Jiwa kebersamaan dan
kepedulian sosial
3.
Adanya keseimbangan antara Disiplin,
Minat, dan Budaya Belajar
4.
Lingkungan belajar yang kondusif
5.
Layanan
administrasi pendidikan yang efektif dan efisien
6.
Kepercayaan dari masyarakat dan
stakeholder
b.
MISI
Akademik: Meningkatkan minat belajar siswa
untuk menumbuhkan budaya belajar guna mendukung peningkatan prestasi;
Non Akademik: Memantapkan kegiatan ekstra
kurikuler untuk menggali potensi siswa dibidang Iptek, Imtaq, Seni Budaya dan Olah Raga;
Kultur Sekolah: Meningkatkan disiplin dan budi
pekerti melalui kegiatan religius dan budaya tertib.
Indikator Misi:
Akademik:
1.
Tersedianya tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional
2.
Terwujudnya sarana
dan prasarana yang memadai
3.
Terlaksananya
Proses belajar mengajar yang berkualitas
4.
Terlaksananya menejemen
berbasis sekolah
Non Akademik:
1.
Tersalurkannya
Potensi, Bakat dan Minat Siswa secara Optimal.
2.
Berprestasi dalam bidang pengetahuan
umum, agama, seni budaya, dan olah raga
2.
Terlaksanaya
berbagai program tehnologi tepat guna bekekerja sama dengan masyrakat sekitar
Kultur Sekolah:
1.
Terciptanya
lingkungan yang tertib, Disiplin, Bersih dan Nyaman yang bernuansa Islami
2.
Siswa dapat
berinteraksi antar sesama dengan baik
3.
Tidak terjadinya
tindak kriminal oleh siswa
4.
Terlaksananya
praktek Ibadah dimadrasah dan masyarakat seperti sholat, puasa dan ibadah lain.
VI. Tujuan / Sasaran
1. Terlaksananya Pengembangan Kurikulum KTSP untuk setiap mata pelajaran
2.
Terlaksananya model pembelajaran aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran
3.
Terlaksanaya pencapaian standar
ketuntasan belajar siswa kelas 7, 8 dan kelulusan kelas 9
4.
Terlaksanaya pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang
professional sesuai dengan bidangnya
5.
Terlaksananya sistem
penilaian yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
BAB II
RINCIAN KEGIATAN
PROGRAM KURIKULUM
I. Rencana Program Kegiatan
Tabel
rencana kegiatan wakil kepala madrasah bidang kurikulum:
No
|
Rencana Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
1
|
PERSIAPAN
1. Menjabarkan kalender pendidikan
2 Mengatur pembagian tugas guru
3. Membuat jadwal pengajaran
4 Mengatur jadwal piket guru
5. Merumuskan nama Wali Kelas
6. Menyusun Program Kurikulum
7. Menyiapkan Administrasi guru
8. Mengatur Jadwal Supervisi
|
9 Juli 2017
9 Juli 2017
9 Juli 2017
9 Juli 2017
15 Juli 2017
18 Juli 2017
20 Juli 2017
30 Juli 2017
|
2
|
PELAKSANAAN
1. Memantau jalannya PBM
2. Memantau jalannya Piket
|
Juli 2017- Juni 2018
Juli 2017- Juni 2018
|
3
|
KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN
1. Memantau pelaksanaan Ulangan
Harian
2. Membentuk Panitia Ujian Semester
1 dan 2
3. Memantau pelaksanaan Ujian
Semester 1 dan 2
4. Melaporkan pelaksanaan ujian
semester
5. Mengadakan Try Out Untuk kelas
IX
5. Membentuk panitia UN dan UAMBN
6. Membuat POS Madrasah UN dan
UAMBN
7. Melaporkan pelaksanaan UN dan
UAMBN
|
Oktober 2017
November 2017
Desember 2017 dan Juni 2018
Januari 2018 dan Juli 2018
Februari 2018
Februari 2018
Maret 2018
Mei 2018
|
4
|
KEGIATAN PELAJARAN TAMBAHAN KELAS
IX
1. Mengevaluasi program
pembelajaran tahun lalu
2. Menyusun jadwal pelajaran
tambahan
3. Gerakan Sukses Ujian Nasional 2018
|
Juni 2018
Desemmber 2017
Februari 2018
|
5
|
MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN
1. Kegiatan Ujian Semester 1 dan 2
2. Kegiatan UN dan UAMBN
|
Desember 2017 dan Juni 2018
Mei 2018
|
6
|
EVALUASI KEGIATAN
1. Semester 1
2 Semester 2
3 UN dan UAMBN
4. Pelajaran Tambahan
|
Januari 2018
Juli 2018
Juli 2018
Juli 2018
|
II. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran di MTs. Negeri 1 Tangerangadalah sebagai berikut
:
1. Pencapaian kelulusan siswa lebih dari 90 %
2. 60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa
yang lulus dapat diterima di MAN Model
3. Siswa mampu menghafal Al Qur an lebih dari 5 surat
4. Tingkat kehadiran siswa, guru, dan karyawan lebih dari 95%
5. Menerapkan pembelajaran yang PAIKEM (Pembeljaran Aktif, Inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan)
6. Menerapkan pelaksanaan evaluasi secara konsisten dan berkesinambungan,
serta adanya program perbaikan dan pengayaan.
7. Mengoptimalkan Pembelajaran Pengembangan diri dan kegiatan
ekstrakurikuler
II. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran di MTs. Negeri 1 Tangerangadalah sebagai
berikut:
·
Siswa lulus 100% pada Ujian Nasional
dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.
·
60% siswa yang lulus dapat diterima
di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model.
·
Siswa siap dan mampu menjuarai
Kompetensi Sain Madrasah (Olimpiade ) baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun
tingkat Nasional.
·
Memiliki Grup Rabana yang siap
tampil di setiap kegiatan sekolah dan acara kecamatan
·
Memiliki Tim Olah Raga yang mampu
tampil di perlombaan PERSAMI kabupaten.
·
Memiliki Grup Dram Band yang siap
tampil di acara-acarasekolah dan kecamatan.
BAB III
STRUKTUR KURIKULUM
MTs. Negeri 1 Tangerang
Struktur kurikulum berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan
kepada peserta didik. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan
dan kedalamannya akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan
pendidikan.
Pada program pendidikan di MTs. Negeri 1 Tangerang jumlah jam mata pelajaran adalah 48 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
Pada program pendidikan di MTs. Negeri 1 Tangerang jumlah jam mata pelajaran adalah 48 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
Jenis
program pendidikan di MTs. Negeri 1
Tangerang, terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang
wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan yang meliputi mata
pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan
lokal. Mata Pelajaran yang wajib diikuti pada program MTs. Negeri 1 Tangerang berjumlah 14.
Sementara itu keberadaan muatan lokal ditentukan oleh kebijakan sekolah.
Di MTs. Negeri 1 Tangerangmuatan lokal
yang diajarkan adalah Bahasa Jawa dan Aswaja.
Pengatuaran
beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam
struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan dimungkinkan menambah jam
pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam
rangka mencapai kompetensi. Dengan adanya tambahan waktu, satuan pendidikan
diperkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya program remedial
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Sekolah yang
berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya MTs selain mata pelajaran
umum (seperti yang diajarkan di SMP) juga menambahkan mata pelajaran lain yaitu
Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, dan Bahasa Arab.
Struktur kurikulum MTs. Negeri 1
Tangerangmemuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini :
·
Kelompok Mata Pelajaran Estetika / Seni
Budaya dan Ketrampilan
1. Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak
Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti,
atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
2. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan
dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan
untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan
kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta
peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme
bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa,
pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab
sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku
anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MTs
dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi
serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4. Kelompok Mata Pelajaran Estetika / Seni
Budaya dan Ketrampilan
Kelompok mata pelajaran estetika /SBK
dimaksudkan untuk meningkatkan sen-sitivitas, kemampuan mengekspresikan
dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan meng-apresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan
yang harmonis.
5. Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MTs
dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif,
disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
6.
Mata Pelajaran
Tabel :
Struktur Kurikulum MTs. Negeri 1
Tangerang
KOMPONEN
|
KELAS DAN
ALOKASI WAKTU
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. MATA
PELAJARAN
1.
Pendidikan Agama Islam
a. Qur’an
Hadits
b. Aqidah
Akhlaq
c. Fiqih
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa
Indonesia
4. Bahasa Arab
5. Bahasa Inggris
6. Matematika
7. Ilmu Pengetahuan Alam
8. Ilmu Pengetahuan Sosial
9. Seni Budaya
10. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
11. Tehnologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2
2
|
2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2
2
|
2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2
2
|
B. MUATAN LOKAL
Bahasa Jawa
Aswaja
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
C. PENGEMBANGAN DIRI *)
1. Pramuka
2. Aplikasi Agama
3. Sepak Bola
4. Drum Band
5. Bulu Tangkis
6. PMR ( Palang Merah Remaja)
7. Komputer
|
|||
JUMLAH
|
45
|
45
|
45
|
Selain
itu, perlu juga ditegaskan, bahwa :
·
Alokasi waktu satu jam pembelajaran
adalah 40 menit
·
Khusus untuk Pengembangan Diri
diadakan setiap hari Sabtu Sore
Selain
program intra kurikuler seperti yang tertera dalam tabel di atas, terdapat pula
kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Diri.
Waktu belajar di MTs. Negeri 1 Tangerang pada hari Senin sampai dengan Kamis terdiri dari 8 JP mulai pelajaran pukul 07.30-13.00 WIB, kecuali pada hari Jum’at, Khusus pada hari Jum’at terdiri dari 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai dengan 11.20. WIB.
Waktu belajar di MTs. Negeri 1 Tangerang pada hari Senin sampai dengan Kamis terdiri dari 8 JP mulai pelajaran pukul 07.30-13.00 WIB, kecuali pada hari Jum’at, Khusus pada hari Jum’at terdiri dari 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai dengan 11.20. WIB.
7. Muatan
Lokal
Muatan lokal yang dikembangkan di MTs. Negeri 1
Tangerang adalah untuk mengembangkan potensi daerah sebagai bagian dari upaya
peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah, serta mengembangkan potensi
sekolah/madrasah sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif. Muatan lokal
lokal ini disajikan dalam bentuk mata pelajaran yang harus ditempuh oleh setiap
peserta didik dan harus mencapai/lulus SKL-MP, SK-KD Mata pelajaran dalam
mengembangkan program keterampilan bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa
asing, keterampilan dalam bidang Teknologi Informasi, atau bentuk keterampilan
tepat guna .
Program muatan lokal
yang dikembangkan di MTs. Negeri 1 Tangerang
yaitu Bahasa Jawa berdasarkan:
1.
Kondisi letak geografis MTs.
Negeri 1 Tangerang yang berada di kawasan pedesaan akan banyak memberi warna terhadap proses
pembelajaran di kelas. Oleh karena itu,
program Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi pedesaan
yang subur di lingkungan sekitar Madrasah.
2.
Pemberaian dasar dan
pelestarian bahasa daerah (bahasa jawa) dalam upaya mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa masyarakat setempat dalam wujud
komunikasi dan apresiasi sastra.
3.
MTs. Negeri 1 Tangerang
memiliki SDM yang cukup memilki kesiapan untuk membina mata pelajaran yang
dikembangkan, Muatan lokal disajikan dalam bentuk mata pelajaran, sehingga
memiliki kompetensi mata pelajaran, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Mata pelajaran muatan lokal bertujuan untuk
memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik
agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan
kebutuhan masyarakat Kabupaten Tangerang
serta pembangunan nasional. Lebih jelasnya agar peserta didik dapat:
1.
Mengenal dan
menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya setempat.
2.
Memiliki bekal
kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai keunggulan Kabupaten Tangerang. yang berguna bagi dirinya maupun
lingkungan masyarakat pada umumnya,
3.
Memiliki sikap
dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku di
Kabupaten Tangerang, serta melestarikan
dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya dalam rangka menunjang pembangunan
nasional.
Adapun mata
pelajaran muatan lokal yang di kembangkan di MTs. Negeri 1 Tangerang adalah
Bahasa Jawa dan Aswaja.
Pelaksanaan
muatan lokal bahasa jawa merupakan bagian dari struktur kurikulum di MTs. Negeri
1 Tangerang. Muatan lokal ini
diberikan mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX dengan alokasi waktu 2
jam pelajaran setiap minggunya.
8. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta
didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan
pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan
yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan
pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan
konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial,
belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler,
seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga,
dan karya ilmiah remaja ( KIR ), dan lain-lain.
Pengembangan
Diri di MTs. Negeri 1 Tangerangmeliputi
program berikut:
1. Olahraga Prestasi
2. UKS
3. Nasyid dan Rabana
4. Keterampilan Berbahasa Inggris
5. Baca Al Quran
BAB IV
JOB DESCRIPTION (TUPOKSI)
1. Refrensi
o Surat keputusan
Kemenag
o Surat tugas Kepala Madrasah
2. Kedudukan
o Waka Kurikulum
adalah unit kerja setingkat wakil kepala madrasah yang berada dibawah kepala
madrasah.
3.
Tugas Pokok dan Fungsi
3.1. Waka
kurikulum berfungsi sebagai penyusun dan perencana Pembelajaran
Mempunyai tugas Membantu kepala
madrasah dalam kegiatan sebagai berikut :
a. Perumusan struktur program pembelajaran
b. Pembuatan
kalender pendidikan
c. Menyusun pembagian tugas guru
d. Menyususn jadwal pelajaran
e. Menyusun jadwal evaluasi belajar
f.
Menyususn pelaksanaan
UTS,UAS,UN.UAMBN dan UAM
g. Menyusun kriteria dan persyaratan naik,tidak naik,tamat dan tidak tamat
h. Menyususn jadwal penerimaan raport dan penerimaan STTB
i.
Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pelajaran
(silabus,RPP,promes ,prota, analisis dll)
j.
Pelaksana
Musyawarah guru mapel /MGMP
k.
Mengumpulkan
data pelaporan pencapaian target program
l.
Menganalisa data untuk perbaikan
pelaksanaan program.
m.
Melaporkan
data dan hasil analisa secara periodik kepada Kepala madrasah
3.2. Waka
Kurikulum Sebagai Pusat Sumber Belajar
(PSB)
Mempunyai
tugas Membantu kepala
madrasah dalam kegiatan sebagai berikut .
a.
Melaksanakan
analisis karakteristik media, bahan dan peralatan yang diperlukan
b. Membuat media pengajaran
c. Melaksanakan pengontrolan, pengaturan, pembersihan dan renovasi media
pembelajaran.
d. Melakukan pencatatan, pendataan dan inventarisasi media pembelajaran.
e. Membuat laporan , meliputi :
1. laporan penggunaan dana pembelian media pemebelajaran
2. Inventarisasi barang dan media
3. Pemesanan dan produksi media.
3.3.
Waka Kurikulum
sebagai Wakil Kepala madrasah Bidang Kurikulum mempunyai tugas dalam
kegiatan :
a.
Mewakili rapat-rapat dinas Kepala madrasah sesuai dengan bidang dan
wilayah kerjanya
b.
Mewakili tugas
tugas lain atas perintah atasan/Kepala
Madrasah
4. Organisasi
Dalam melaksanakan tugasnya waka kurikulum dibantu oleh Guru mata
pelajaran, dan semua Dewan Guru.
5. Tanggungjawab
Dalam
melaksanakan tugasnya waka Kurikulum bertanggungjawab langsung kepada kepala
madrasah.
6. Sistem Mekanisme kerja 1
a. Pengangkatan waka kurikulum atas masukan guru, karyawan dan orangtua
dilingkungan Madrasah yang kemudian ditetapkan oleh kepala madrasah.
b. Waka kurikulum wajib hadir dalam rapat koordinasi pengelola madrasah dan
tidak bisa diwakilkan tanpa persetujuan kepala madrasah terlebih dahulu.
c.
Waka kurikulum
sekurang-kurangnya melakukan rapat koordinasi dengan anggota 1 bulan sekali.
d.
Koordinasi
mengacu pada program yang telah ditetapkan dan dapat dilakukan sewaktu-waktu
jika ada hal yang
dianggap mendesak untuk diselesaikan.
8. Sistem Mekanisme kerja II
a.
Menerima
pemesanan media pembelajaran berdasarkan permintaan
guru.
b.
Menganalisa
kesesuaian pemesanan media berdasarkan alat dan bahan yang diperlukan.
c.
Menyelesaikan
pemesanan media yang telah dianalisa.
d. Melakukan pencatatan media yang dipinjam.
e.
Membuat
laporan secara periodic untuk ;
1 . Penggunaan dana tiap bulan,
2. Inventarisasi alat, bahan dan
media tiap semester
3.
Laporan rekap pemesanan dan produksi media
BAB V
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Penyusunan
Program Kerja ini berdasarkan kebutuhan agar pelaksanaan penyelenggaraan
kurikulum tahun pelajaran 2017/2018 di
MTs. Negeri 1 Tangerang berjalan dengan lancar.
2.
SARAN-SARAN
Untuk
mencapai hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik
dan saran yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak,
terutama kepala Madrasah dan Majelis Guru dan Pegawai MTs. Negeri 1 Tangerang, Agar pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya dapat berjalan dengan
lebih baik lagi.
No comments:
Post a Comment